Market Movers: Daya Beli Konsumen AS Jadi Fokus Utama Awal Pekan;

Posted on

Indikator belanja konsumen AS akan jadi perhatian utama pasar hari ini terutama setelah Chairwoman Federal Reserve menegaskan keyakinannya dengan kondisi ekonomi dan peluang kenaikan suku bunga  AS yang membantu dolar AS menguat sekitar 0,8% pada hari Jumat pekan lalu. Sementara untuk pekan ini sentimen perdagangan akan dipengaruhi data tenaga kerja, Non-Farm Payrolls (NFP), yang dijadwalkan rilis pada hari Jumat, 2 August 2016 (19.30 wib)

Pagi ini mata uang komoditas masih melanjutkan pelemahannya disertai pelemahan Yen yang sekaligus membantu indeks Nikkei 225 Jepang menguat sampai dengan lebih dari 350 poin.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movers hari ini:

Pelemahan Yen

USDJPY menguat sampai dengan lebih dari 1% pada hari Jumat dan pada hari ini yen melemah di kisaran 102. Pelemahan yen ini juga didukung komentar Gubernur Bank of Japan (BOJ) pada hari Sabtu dalam acara Jackson Hole. Haruhiko Kuroda mengatakan tidak akan ragu untuk menyetujui pelonggaran moneter lanjutan setelah data mengindikasikan adanya penurunan tingkat inflasi.

Data Konsumen AS

Dua data indikator belanja konsumen AS akan dipublikasikan pukul 19:30 WIB. Indikator inflasi favorit Federal Reserve, indeks harga PCE, diprediksi akan tetap naik 0,1% untuk bulan Juli sama seperti sebulan sebelumnya. Sementara tingkat pengeluaran personal diekspektasikan akan bertumbuh dengan laju lebih lambat dari kenaikan 0,4% pada bulan Juni menjadi kenaikan 0,3% pada bulan lalu.

Penguatan dolar AS dapat kembali berlanjut jika data mengindikasikan pertumbuhan tingkat konsumsi AS masih solid. Konsumsi merupakan komponen utama dalam aktivitas ekonomi AS.

Terima kasih

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s