Market Movers: NFP Penentu Pergerakan Dollar AS Serta Ekspektasi Rate Hike

Posted on

Data tenaga kerja versi pemerintah AS, termasuk Non Farm Payrolls (NFP) menjadi market movers pada penghujung pekan. Dalam 2-sesi terakhir, valuasi Dollar AS turun tajam terutama dengan buruknya sebagian besar indikator ekonomi dalam negeri yang dirilis pada pekan ini. Terakhir, klaim pengangguran mingguan di AS dilaporkan bertumbuh dengan jumlah yang lebih tinggi dari ekspektasi para analis. Pesanan pabrik AS pada bulan Desember juga turun tajam dibandingkan sebulan sebelumnya. Kondisi ini membuat pasar semakin meragukan rencana AS untuk kembali menaikkan suku bunga pada tahun ini.

Namun, ekspektasi penundaan kenaikan biaya pinjaman yang biasanya direspon positif pasar saham, seperti indeks-indeks Wall Street semalam, tidak terjadi dalam pasar saham Jepang. Hal ini karena Yen menguat tajam ke dekat level tertinggi lebih dari setahun, sentimen negatif untuk saham-saham eksportir Jepang. Hanya dua indeks utama yang naik dalam pasar saham Asia, Hang Seng karena kenaikan saham energi dan finansial serta Kospi karena suntikan dana segar dari Bank of Korea (BoK).

Menjelang rilis data NFP, pasar akan mendapatkan laporan pesanan pabrik Jermam untuk bulan Desember yang berpotensi menggerakkan Euro. Para analis menilai akan ada penurunan pesanan pada akhir tahun lalu dari kenaikan 1,5% pada bulan November. Konfirmasi penurunan yang lebih rendah dari ekspektasi akan berpotensi menambahkan tekanan untuk Euro yang tengah gugup menantikan rilis data NFP.

Kanada juga akan melaporkan data-data tenaga kerjanya untuk bulan Januari dibarengi dengan data defisit perdagangan untuk bulan terakhir tahun lalu. Laporan yang memuaskan atau lebih dari baik prediksi seharusnya bisa mengalihkan perhatian investor dari fluktuasi harga minyak mentah yang berkorelasi cukup kuat dengan Loonie atau Dollar Kanada.

Nanti malam, AS tidak hanya merilis data jumlah tenaga kerja. Data NFP akan dirilis berbarengan dengan tingkat penganguran dan rata-rata upah untuk bulan lalu serta defisit perdagangan untuk bulan Desember. Pelaku pasar berspekulasi NFP akan mencatatkan penambahan di bawah 200.000 pekerja namun rata-rata upah diperkirakan akan naik dari laporan stagnasi di bulan November. Dollar AS akan berpotensi menguat, sementara emas melemah, jika terdapat kejutan positif dari salah satu dari kedua data tersebut.

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s