Market Movers: Bursa Asia Anjlok, Pasar Harapkan Petunjuk Dari BoJ Dan Data ADP

Posted on

Harga minyak mentah kembali menjadi perhatian dan sudah menggerakkan pasar sebelum pidato Gubernur Bank of Japan (BoJ) pagi ini. Dalam semalam harga minyak mentah turun lebih dari 5% terlebih ketika laporan suplai minyak mentah yang dipublikasikan lembaga swasta American Petroleum Institute (API) menunjukkan adanya kenaikan 3,8 juta barel dalam sepekan yang berakhir tanggal 29 Januari. Angka ini tidak jauh berbeda dengan ekspektasi pasar pada laporan dari lembaga pemerintah AS Energy Information Administration (EIA) yang diprediksi akan menunjukkan kenaikan 3,7 juta barel dari penambahan 8,4 juta barel pada laporan sebelumnya. Harga minyak mentah berpotensi semakin tertekan jika EIA mengonfirmasi ekspektasi kenaikan yang lebih tinggi.

Minyak mentah pada pagi ini bercokol di bawah $30 per barel sehingga indeks-indeks utama Asia melemah tajam. Indeks Nikkei dan Hang Seng merosot sampai dengan lebih dari 600 poin di awal sesi Asia. Di sisi lain, pelemahan Nikkei dan minyak mentah membuat investor memburu safe haven Yen Jepang. Mata uang Jepang kembali dilirik investor namun tidak dengan agresif karena masih menantikan pidato Gubenur BoJ Haruhiko Kuroda pagi ini.

Performa sektor paling penting dalam perekonomian Inggris akan diumumkan pada hari ini. Sterling masih bertahan di level tinggi 2-pekan dan kestabilan tersebut akan kembali diuji dengan laporan PMI sektor Jasa untuk bulan Januari nanti sore.

Data tenaga kerja dari lembaga swasta juga akan menjadi market movers untuk hari ini. Lembaga ADP akan menjadi gambaran awal kondisi sektor tenaga kerja AS pada bulan Januari yang diprediksi akan menambahkan 195.000 pekerja pada bulan lalu, lebih rendah dari penambahan 257.000 pekerja pada laporan sebelumnya. Data aktual yang berbeda secara signifikan dengan prediksi berpotensi mengubah ekspektasi kenaikan suku bunga lanjutan Federal Reserve dengan spekulasi saat ini secepatnya baru akan dinaikkan pada bulan September tahun ini. Peluang kenaikan suku bunga atau rate hike AS biasanya memengaruhi perdagangan Dollar AS dan emas.

Sumber : Monex News (http://www.monexnews.com/register.htm?ref_wp=WP1005001A)

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s