Market Movers: Menanti Keputusan QE ECB, Emas Rebound, Waspada Support 1267.50

Posted on

Market Movers: Menanti Keputusan QE ECB

Monexnews – Hari ini cukup banyak market mover penting yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar keuangan. Ada tiga bank sentral yang akan merilis hasil rapat moneternya, yaitu Bank Sentral Jepang (BOJ), Inggris (BOE), dan Eropa (ECB). Selain itu ada tiga data Neraca Perdagangan yaitu dari negara Australia, AS dan Kanada. Jerman akan merilis data Pesanan Pabrik. Sementara AS akan merilis data Non-farm Payrolls (NFP) versi ADP, Klaim Tunjangan Pengangguran, dan PMI Sektor Jasa versi ISM.

Pasar akan fokus ke konferensi pers ECB pasca dirilisnya keputusan suku bunga acuan. Pada konferensi pers ini, pasar akan mendapatkan informasi soal kebijakan moneter lainnya yang akan diterapkan ke depannya. Bila ada kebijakan Pelonggaran Kuantitatif (QE), nilai tukar euro bisa tertekan turun cukup dalam. Namun terbuka kemungkinan ECB tidak mengeluarkan kebijakan QE karena aturan yang melarangnya. ECB bisa saja hanya mengeluarkan bentuk stimulus lainnya seperti memperluas fasilitas kredit murah untuk perbankan atau membeli asset backed securities (ABS) yang dikeluarkan korporasi di zona euro. (Baca: Bersiap Tidak Ada QE Dari ECB)

Sementara dua bank sentral lainnya, BOJ dan BOE diprediksi tidak akan mengubah kebijakan moneternya. Keduanya masih diharapkan mempertahankan kebijakan pelonggaran moneter. Namun bila ada kejutan dari keduanya, pergerakan tajam akan terjadi di kedua nilai tukar yang bersangkutan.

Data ekonomi AS juga akan menjadi perhatian pasar  terutama data tenaga kerja seperti ADP dan Klaim Tunjangan Pengangguran yang bisa menjadi gambaran untuk data NFP yang akan dirilis pemerintah Jumat besok. Data tenaga kerja yang bagus akan semakin mengkonfirmasi persepsi bahwa Bank Sentral AS (Fed) akan memperketat kebijakan moneternya lebih cepat dari perkiraan. Selain data tenaga kerja, data PMI Sektor Jasa dari ISM biasanya juga akan menjadi penggerak dollar dan indeks saham AS yang penting karena sektor jasa mengambil porsi hampir 70% dari perekonomian AS. Hasil yang lebih bagus dari proyeksi bisa mendorong penguatan dollar dan indeks saham AS.

Euro Nantikan ECB

 
 
 

Monexnews – Dalam beberapa hari terakhir euro diperdagangkan dalam range sempit, trader lebih banyak menanti hasil rapat kebijakan moneter European Central Bank yang akan dirilis hari ini. Volatilitas euro berpotensi tinggi pada perdagangan hari ini. Selain ECB fokus lain pada data ADP non-farm payrolls dan klaim pengangguran AS yang akan dirilis malam ini. 

Pada grafik 4 jam, naikknya indikator MACD memberikan peluang kenaikan lebih lanjut. Penembusan di atas MA 50 pada kisaran 1.3165 berpeluang membawa harga naik menuju area 1.3215, atau bahkan lebih tinggi. Sementara support berada pada kisaran 1.3130, penembusan di bawah area tersebut dapat membawa harga menguji area kembali area 1.3110, dengan potensi menuju area 1.3090 jika area tersebut tertembus.

Euro Nantikan ECB

Emas Rebound, Waspada Support 1267.50

 
 
 

Monexnews – Harga emas rebound kemarin mendekati kisaran resisten 1272 dan hingga siang ini berada di kisaran 1272. Rebound harga emas ini kemungkinan karena aksi short covering (atau melakukan aksi taking profit setelah melakukan penjualan) dan tensi yang masih memanas antara Ukraina dengan Rusia. Pergerakan emas yang turun cukup dalam pada Selasa (2 Sep) kemarin biasanya memunculkan potensi rebound.

Harga emas kini bergerak di kisaran 1272. Support terdekat terlihat di kisaran 1267.50 dan resisten terdekat di kisaran 1278. Indikator MACD, Stochastics dan RSI pada grafik 4 jam (H4) masih menunjukkan potensi penguatan harga emas. Harga masih berpotensi menguat sepanjang kisaran support 1267 masih bertahan. Potensi target penguatan ke area resisten 1278.

Sementara penembusan di bawah support 1267.50 berpotensi membuka pelemahan lanjutan ke area 1261 (level terendah Rabu 3 Sep).

Banyak market mover penting yang akan dirilis hari ini. Yang mungkin menjadi fokus pasar adalah keputusan dan konferensi pers pasca rapat moneter Bank Sentral Eropa, Data Non-farm Payrolls AS versi ADP dan data PMI Sektor Jasa AS versi ISM. Penguatan tajam dollar AS berpeluang menekan turun harga emas dan sebaliknya, pelemahan tajam dollar AS bisa menguatkan harga emas.

Emas Rebound, Waspada Support 1267.50

Gagal Tembus Support, EURJPY Siap Lanjut Bullish

 
 
 

Monexnews -Seperti terlihat pada grafik 4 jam, koreksi bearish jangka pendek tidak dapat menembus ke bawah area support pada 137.65. EURJPY kemungkinan akan melanjutkan outlook bullish, mengacu pada momentum bullish yang diindikasikanoleh MACD, dengan break ke atas area 138.00 akan mendorong harga naik lebih tinggi lagi menuju area138.50 atau bahkan area 139.00. Support terdekat masih ada di sekitar area 137.65, break ke bawah area ini dapat memicu koreksi bearish lebih lanjut menuju area 137.00.

 

Penguatan Aussie Mulai Terbatas, Support 0.9335

 
 
 

Monexnews – Pernyataan Gubernur Reserve Bank of Australia yang terkesan enggan untuk kembali memangkas suku bunga menopang penguatan aussie pada perdagangan Selasa kemarin. Sementara data hari penjualan ritel dan menipisnya defisit neraca perdagangan Australia cukup menopang pergerakan aussie. Fokus selanjutnta pada data ADP non-farm payrolls dan klaim pengangguran AS yang akan dirilis malam ini. 

Pada grafik 1 jam, penguatan aussie mulai terlihat terbatas dengan turunnya indikator MACD, stochstic dan RSI. Penebusan kembali dibawah area 0.9335 berpeluang membawa harga turun lebih jauh menguji area 0.9320, sebelum membidik area 0.9300. Sementara pada pergerakan ke atas, diperlukan penembusan dan gerakan konsisten di atas resisten 0.9365 untuk penguatan lebih lanjut menuju area 0.9380.

Penguatan Aussie Mulai Terbatas, Support 0.9335

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s