Market Movers: Dollar Dan Poundsterling Menunggu Data CPI

Posted on

Monexnews –  Pagi ini telah dirilis minutes atau notulen dari rapat kebijakan moneter Bank Sentral Australia (RBA). Dalam minutes tersebut terungkap bahwa RBA masih ingin mempertahankan tingkat suku bunga acuan yang sekarang ini berlaku karena outlook ekonomi Australia masih belum jelas. RBA masih melihat nilai tukar dollar Australia sedikit lebih tinggi dari level seharusnya. Dengan tidak adanya indikasi pelonggaran moneter, dollar Australia menguat pasca dirilisnya minutes ini. Pasar masih menunggu testimoni dari Gubernur RBA, Glenn Stevens, di hadapan komite ekonomi parlemen besok pagi.

Sementara indeks dollar AS kembali menguat ke kisaran 81.6. Bagusnya data Indeks Pasar Perumahan yang dirilis semalam menjadi salah satu faktor penguatan dollar ini. Indeks saham AS juga mendapatkan sentimen positif dari data ini. Berkurangnya ketegangan geopolitik juga membantu penguatan indeks saham. Pagi ini sentimen positif dari pasar AS mendorong penguatan pada indeks saham Asia.

Hari ini dari Inggris dan AS akan dirilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) yang biasa dijadikan salah satu indikator inflasi. Tingginya tingkat inflasi bisa mendorong bank sentral untuk memperketat kebijakan moneternya, misalnya, dengan menaikan suku bunga sehingga berujung pada penguatan nilai tukar mata uangnya. Jadi data ini akan menjadi fokus pasar untuk pergerakan nilai tukar poundsterling dan dollar AS.

Dua data perumahan AS lainnya akan dirilis malam ini yaitu data Building Permits dan Housing Starts. Data perumahan ini bisa memperjelas kondisi pasar perumahan AS. Bila sejalan dengan data Indeks NAHB yang dirilis semalam, dollar dan indeks saham AS bisa menguat kembali.

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s