Teknikal Analyst

Posted on

 

5 Hal Penting Sebelum Open Market

  1. Mata uang tunggal EUR nampak bertengger kokoh di kisaran tinggi dalam 3-pekan terakhir vs USD berkat besarnya harapan bahwa kreditur internasional akan segera menyepakati bantuan tahap berikutnya bagi Yunani. Untuk pertama kalinya sejak perdana menteri Jepang, Yoshihiko Noda yang bersiap menjelang pemilu pekan lalu, JPY masih lebih rendah dari pembukaan sesi Asia Pasifik sebelumnya.
  2. Pada perdagangan akhir pekan bursa Hang Seng masih nampak mempertahankan penguatannya dan bergerak di kawasan positif lantaran pasar cukup optimis dengan prospek pertumbuhan global yang tidak seburuk perkiraan sebelumnya pasca data manufaktur China dan Amerika yang solid. Bursa Kospi – Korea Selatan nampak rally diperdagangan akhir pekan terutama terangkat oleh rebound sejumlah saham raksasa otomotif dan elektronik meskipun saham sektor baja dan perbankan merosot di dalam perdagangan yang sepi karena absennya petunjuk pasar dari Wall Street dan Nikkei.
  3. Kontrak Minyak mentah AS bergerak turun hari Jumat setelah gencatan senjata Israel-Gaza membantu meredakan kekhawatiran gangguan persediaan dan lemahnya data manufaktur dari Eropa membawa perhatian kembali ke rapuhnya ekonomi global.
  4. Jika tidak ada perubahan berarti, perekonomian zona Eropa akan mencatat pelemahan terburuk sejak tahun 2009 silam di kuartal IV.
  5. Badan Transportasi Keamanan Nasional (NTSB) Amerika Serikat memutuskan untuk tidak menggunakan produk Blackberry sebagai bagian dari alat komunikasi pekerjanya.

Emas Bidik Penguatan Mingguan Terkait Lemahnya Dollar AS

Harga emas nyaris tidak bergerak hari Jumat tetapi masih menuju penguatan dua mingguannya dalam 3 pekan, terangkat oleh melemahnya dollar AS saat investor mengalihkan fokus mereka ke masalah keuangan di AS.

Spot emas diperdagangkan dekat $1,729 per ounce, menuju penguatan mingguannya sebesar 1%.

Kontrak emas AS bergerak naik 0.1% yang juga bertahan di area $1,729.

Perekonomian Eropa masih sejalan dengan pergerakan terdalamnya sejak awal 2009, sementara pabrikan China kembali kepada pertumbuhan bulan lalu yang membawa kabar yang lebih baik untuk perekonomian dunia, dtunjukkan survey bisnis sebagaimana ditunjukkan hari Kamis.

SELL 1730.00, Sl 1737.00, TP 1720.00

 

EURJPY: Sinyal Bullish Terus Terpantau, Waspadai Area 106.59 – 107.99

Pergerakan naik terus menimbulkan sinyal bullish untuk Euro, sebagaimana diperlihatkan oleh pergerakan GMMA, yang diwakili oleh EMA-Jangka Pendek (garis merah) yang terus memperlihatkan sinyal bullish bersama EMA-Jangka Panjang (garis biru), untuk membuka celah pergerakan naik lanjutan di pergerakan hariannya. MACD pun mengatakan hal yang sama, dengan indikator harga yang bergerak menjauhi area nol (0). Sedikit berbeda, Stochastics yang memperlihatkan sinyal bullish kuat, nampaknya harus siap sedikit mengalami koreksi untuk hari ini, dengan indikator harga yang terlihat mulai jenuh di area 100. Apabila harga terkonfirmasi untuk naik, maka kisaran resistance akan tercatat di 106.59 (Fibonacci Retracement 50%), 107.34 (Fibonacci Retracement 61.8%) dan 107.99 (Fibonacci Retracement 72.8%). Apabila harga terkonfirmasi turun, maka kisaran support akan tercatat di 105.83 (Fibonacci Retracement 38.2%), 104.90 (Fibonacci Retracement 23.6%) dan 103.39 (Fibonacci Retracement 0%).

 

USDCHF: Sinyal Bearish Terdeteksi, Waspadai Area Koreksi Di 0.9284 – 0.9075

Secara teknikal, CHF masih terlihat lebih unggul terhadap rivalnya, dollar AS, dimana menurut pergerakan GMMA, yang diwakili oleh EMA-Jangka Pendek (garis merah) terlihat menekan pergerakan EMA-Jangka Panjang (garis biru), untuk menutup celah kenaikan dan membuka celah penurunan. MACD sendiri masih dalam pergerakan bearish-nya, walau terlihat sedikit melandai, dengan indikator harga yang bergerak mendekati area nol (0). Sedangkan Stochastics walau berada di kisaran bawah, indikator harga berada di area nol (0), namun sepertinya masih akan stabil. Apabila harga terkonfirmasi turun, maka kisaran support akan tercatat di 0.9284 (Fibonacci Retracement 38.2%), 0.9204 (Fibonacci Retracement 23.6%) dan 0.9075 (Fibonacci Retracement 0%). Sedangkan apabila harga bergerak kearah sebaliknya, maka kisaran resistance akan tercatat di 0.9413 (Fibonacci Retracement 61.8%), 0.9469 (Fibonacci Retracement 72.8%) dan 0.9622 (Fibonacci Retracement 100%).

 

Euro Masih Tertopang Stochastic Harian

Secara teknikal, pola pergerakan Euro hari ini akan cukup tertopang untuk menguat lebih lanjut karena indikator teknikal harian-nya (D1) yaitu Stochastic dan Moving Average nampak menunjukkan pola yang up trend. Sedangkan MACD meskipun masih berada di zona negatif, namun sejumlah histogramnya nampak mulai terpola bullish.

Sehingga Stochastic dan Moving Average yang bullish tersebut nampak akan membatasi kejatuhan EUR lebih lanjut dan mungkin dapat mengangkat EUR setidaknya ke resisten 1.2900, kemudian 1.2940 dan 1.2970. meskipun momonetum raly tetap masih terbatas.

Namun patut diwaspadai juga karean indikator Stochastic sudah berada di level jenuh atas (overbought) sehingga sewaktu-waktu dikhawatirkan terjadi koreksi. Maka tahanan bawah support telah mengantisipasi bilamana terjadi penurunan tajam. Support Euro berada di 1.2865 guna melanjutkan ke 1.2830 atau hingga 1.2800.(Dar)

Grafik Euro – EURUSD Harian (D1); Monex Trader

GBP/USD Uji Support

GBP/USD terkoreksi dan saat ini berada di area support 1.5929. Momentum bullish juga terlihat berkurang sehingga kita perlu mewaspadai kemungkinan tembusnya support tersebut karena hal tersebut akan mengubah bias intraday menjadi bearish.

Jika itu terjadi, GBP/USD hari ini kemungkinan akan bergerak turun menuju 1.5903 – 1.5881. Sebaliknya, jika sinyal/pola bullish kembali terkonfirmasi di atas support 1.5929, sterling diperkirakan akan rebound menuju 1.5954 – 1.5977.

 

GBPUSD 11-23-2012 9-01-06 AM

Iklan

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s