Teknikal Analyst

Posted on

Emas Support Penting di 1700-1703

Harga emas kembali melemah dan menyentuh level $1703 per troy ons. Ini mengindikasikan tekanan bearish masih besar. Pada grafik 1 jam  terlihat emas sedang membuat bottom / support di level 1703 yang dapat menjadi pijakan untuk rebound dengan potensi rebound ke area 1722. Namun tetap harus diwaspadai penembusan di bawah support 1703-1700. Pelemahan di bawah level tersebut bisa membawa emas ke area 1688-1693.

Hari ini banyak data dari Eropa terkait dengan indeks aktivitas manufaktur dan jasa, juga data mengenai survei iklim bisnis di Jerman oleh Ifo. Bila data-data tersebut kembali di bawah ekspektasi pasar, tentunya akan memberikan sentimen negatif ke instrumen beresiko termasuk harga emas.

Selain itu Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi dijadwalkan akan berbicara dua kali hari ini yaitu jam 18.45 dan jam 21.00. Draghi akan membahas mengenai situasi krisis hutang Eropa  dan program Outright Monetary Transactions (OMT) yang dicanangkan bank sentral untuk membantu krisis hutang di Eropa. Pasar akan fokus pada setiap pernyataan Draghi dan ini juga akan menjadi market mover untuk emas.

Data penjualan rumah baru Amerika Serikat juga menjadi sorotan karena data ini bisa memberikan indikasi pemulihan ekonomi di AS. Bagusnya data ini akan menguatkan nilai dollar dan bisa melemahkan harga emas.

Emas Support Penting di 1700-1703

Potensi Falling Bullish Wedge Pada EURUSD

Pergerakan EURUSD pada grafik 1 jam-an terlihat membentuk formasi falling bullish wedge dimana ada kemungkinan harga akan bergerak ke bawah. Jika euro melemah terhadap dollar dengan menembus area lower line maka ada potensi harga akan bergerak ke bawah menuju support pada kisaran 1.29505 hingga 1.29214.

Sementara itu, perhatikan juga karena secara teknikal indikator stochastic berpotensi berada dalam kondisi bullish. Jika harga menembus resistan 1.29976 maka ada peluang euro akan menguat terhadap dollar dengan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran 1.30268 hingga 1.30730 dan diperkirakan formasi tersebut akan gagal.

 

 

GBPUSD

Secara umum pergerakan GBPUSD pada grafik 1 jam-an terlihat berada kondisi bearish. Secara teknikal indikator stochastic berpotensi berada dalam kondisi bearish. Jika pound melemah maka support 1.59113 harus terlebih dahulu ditembus dimana ada potensi harga akan bergerak ke bawah menuju support berikutnya pada kisaran 1.58581.

Sebaliknya waspadai juga jika pound menguat terhadap dollar dengan menembus resistan 1.59645 maka ada peluang harga akan bergerak ke atas menuju resistan berikutnya di kisaran 1.60177 dan diperkirakan bias bearish akan berubah menjadi bias bullish.

Pola Symmetrical Triangle Pada Hutchinson

Pergerakan saham Hutchinson pada grafik 4 jam-an terlihat membentuk formasi symmetrical triangle dimana ada peluang harga saham akan bergerak ke atas. Pecahnya resistan 77.55 berpotensi akan membawa harga bergerak menuju resistan berikutnya pada kisaran 80.18. Sementara itu, waspadai karena secara teknikal indikator stochastic berada dalam kondisi jenuh beli dimana ada kemungkinan harga saham akan terkoreksi dengan bergerak ke bawah untuk melakukan fase pullback menuju upper line  dari formasi tersebut. Jika harga saham masih terus melemah hingga menembus area lower line maka diperkirakan formasi tersebut akan gagal.

 

Pola Symmetrical Triangle Pada Hutchinson

Salam I N S P I R E,

Iyan Sauri
Assistant Manager 
 +6281289151142,  +6285710022004
BBM 275EE014
 
PT. Monex Investindo Futures – Sudirman Branch
Wisma KEIAI LT.20
Jl. Jend. Sudirman Kav. 3 (Dukuh Atas)
Jakarta 10220

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s